REKRUTMEN CALON PETUGAS PENDATAAN LENGKAP KOPERASI DAN UMKM (PL-KUMKM) TAHUN 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Balangan

Publikasi Hasil Pencacahan Sensus Pertanian 2023 - Tahap II: Usaha Pertanian Perorangan (UTP) Kabupaten Balangan telah rilis, klik disini

Terima kasih atas kunjungan anda ke website BPS Kabupaten Balangan, semoga data yang kami sediakan mampu memenuhi keperluan anda.

REKRUTMEN CALON PETUGAS PENDATAAN LENGKAP KOPERASI DAN UMKM (PL-KUMKM) TAHUN 2023

REKRUTMEN CALON PETUGAS PENDATAAN LENGKAP KOPERASI DAN UMKM (PL-KUMKM) TAHUN 2023

15 Agustus 2023 | Kegiatan Statistik


PENGUMUMAN
Nomor: B-3140/63110/SS.110/08/2023

REKRUTMEN CALON PETUGAS PENDATAAN LENGKAP KOPERASI DAN UMKM (PL-KUMKM) TAHUN 2023

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Balangan akan melakukan pelaksanaan lapangan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) 2023 di wilayah Kabupaten Balangan pada 15 September - 14 Oktober 2023. Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut diperlukan Petugas Pendataan Lapangan sebanyak 75 orang. Adapun persyaratan dan kualifikasi calon petugas adalah sebagai berikut:

A. Sistem Seleksi
B. Persyaratan Petugas
  1. Berdomisili di Kabupaten Balangan.
  2. Berpendidikan minimal lulus SMA atau sederajat.
  3. Diutamakan berusia 18 s.d 45 tahun.
  4. Mampu berkomunikasi (membaca, menulis, mendengar, berbicara) dengan bahasa Indonesia dengan baik.
  5. Bersikap dan berperilaku baik (dewasa, sopan santun, dan rapi).
  6. Disiplin dan berkomitmen.
  7. Mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan petugas pendataan lengkap lainnya (Petugas Pendataan Lapangan, Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), Koseka, Pegawai BPS) dan tokoh masyarakat (Ketua RT/RW/Kepala Desa/Lurah) di wilayah tugasnya.
  8. Bersedia melakukan perjanjian kerja untuk melaksanakan tugas tertentu, pada periode tertentu, dan dengan hasil yang berkualitas sesuai ketentuan dan pedoman yang berlaku.
  9. Diwajibkan mengikuti kegiatan pelatihan petugas PL-KUMKM 2023.
  10. Memiliki/menguasai tablet/smartphone (Android) dan mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik.
  11. Mampu mengendarai dan memiliki kendaraan pribadi.
  12. Bersedia ditempatkan ditempatkan di luar domisili, baik desa maupun kecamatan asal. Bersedia juga ditugaskan di daerah sulit.
  13. Tidak sedang dalam keadaan hamil dan bersedia tidak hamil selama kegiatan pendataan berlangsung. Untuk perempuan yang sudah menikah. Dibuktikan dengan surat pernyataan izin dari suami.
  14. Petugas tidak berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan diutamakan tidak memiliki pekerjaan tetap agar dapat fokus melaksanakan kegiatan sesuai yang tertuang dalam kontrak kerja;
  15. Diutamakan Mitra BPS yang pernah terlibat pada kegiatan sensus/survei lain yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik.
C. Spesifikasi Tablet/SmartPhone
  1. OS Android minimum 8
  2. Layar minimum 5 inch
  3. Processor Quad Core minimum 1.8 GHz
  4. RAM minimum 4 GB (free 2 GB)
  5. Memori Internal 32 GB (free 6 GB)
  6. Terkoneksi dengan internet (Wifi/3G/4G/LTE)
  7. GPS berfungsi dengan baik
  8. Bersedia memindahkan/menghapus data/aplikasi lain bila diperlukan
D. Gambaran Umum Pekerjaan
  1. Petugas Pendataan Lapangan (PPL): melakukan pendataan koperasi dan umkm sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing dengan moda Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI)/Aplikasi berbasis Android dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) melakukan penelusuran wilayah Satuan Lingkungan Setempat (SLS) (2) Melakukan wawancara, geotagging dan foto bangunan usaha menggunakan Aplikasi FASIH (3) Penggambaran dan penomoran semua bangunan pada Peta WS.
  2. Petugas Pemeriksa Lapangan (PML): melakukan pemeriksaan hasil pendataan koperasi dan umkm oleh PPL dengan moda CAPI/Aplikasi berbasis Android dan membantu PPL dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan.
E. Tata Cara Pendaftaran
  1. Seluruh calon petugas harus mendaftar terlebih dahulu melalui website mitra.bps.go.id (panduan pendaftaran terlampir).
  2. Mengupload seluruh berkas pendaftaran, melalui link http://s.bps.go.id/PendaftaranPL-KUMKM yaitu:
    • Pas Foto Terbaru (4x6)
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Fotokopi Ijazah Pendidikan Tertinggi
    • Surat Lamaran Pekerjaan
    • Daftar Riwayat Hidup
    • Surat Pernyataan Bertempat Tinggal di Suatu Wilayah
    • Surat Pernyataan memiliki dan Menguasai Smartphone
    • Bukti Pernah mengikuti kegiatan sensus/survei
Contoh Berkas dapat diunduh di http://s.bps.go.id/FormatBerkasPL-KUMKM

F. Jadwal Rekrutmen
  1. Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Online* : 16-17 Agustus 2023
  2. Pengumuman Seleksi Administrasi** : 18 Agustus 2023
  3. Seleksi Online** : 21 Agustus 2023
  4. Seleksi Wawancara ** : 23-24 Agustus 2023
  5. Pengumuman Final** : 25 Agustus 2023
* Dapat ditutup lebih cepat jika kuota pendaftaran mencukupi
** Tahapan dan jadwal bisa berubah sewaktu- waktu. Setiap perubahan akan diinformasikan melalui website atau media sosial BPS Kabupaten Balangan

G. Informasi Lainnya
  1. Petugas yang dinyatakan lulus dalam seleksi ini TIDAK untuk diangkat sebagai CPNS atau PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).
  2. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact person (hanya chat whatsapp) Ling Lyng F N (0877 6482 4926) dan Amalia Dyah R. ( 0812 25499 4871) atau melalui instagram resmi BPS Kab. Balangan di @bpskabbalangan.

Lihat/baca surat resmi dan petunjuk mendaftar di tautan ini : Surat Nomor: B-3140/63110/SS.110/08/2023

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Balangan (BPS Statistics Balangan Regency)Alamat : Jl. A. Yani Km. 2

5 Paringin 71619 Telepon : +62 526 2028202

Fax : +62 526 2028201 Email : bps6311@bps.go.id

bps6311@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik